Dengan jumlah karyawan mencapai 140 orang, PT Bina Media Tenggara atau yang dikenal The Jakarta Post menyadari pentingnya memiliki sistem HRIS yang terintegrasi untuk mengelola data karyawan secara efisien dan akurat. Oleh karena itu, pada tanggal 25 Juni 2025, The Jakarta Post melaksanakan kick off meeting dengan Arkana untuk mengimplementasikan Arkana HCM guna mendigitalisasi operasional HR, pengelolaan lembur yang terintegrasi dengan biometric device serta pengajuan reimbursement hingga penggajian yang terintegrasi dalam satu sistem.
Implementasi sistem HRIS Arkana HCM di The Jakarta Post dilatarbelakangi oleh belum adanya sistem HR yang digunakan secara menyeluruh, proses payroll yang masih terpisah dan belum terintegrasi dalam satu sistem, serta belum adanya integrasi otomatis antara perangkat biometric dengan sistem absensi yang digunakan.
The Jakarta Post (PT Bina Media Tenggara) adalah sebuah surat kabar berbahasa Inggris di Indonesia. Pertama kali terbit tanggal 25 April 1983, The Jakarta Post selama beberapa tahun dapat bertahan hanya dengan beberapa iklan dan sirkulasinya makin meningkat. Jakarta post merupakan perusahan yang bergerak di bidang media berita dan iklan. Dalam kemitraan strategis dengan Arkana bertujuan untuk mencapai transformasi bisnis yang signifikan melalui proses bisnis yang efisien dan terintegrasi melalui sistem HRIS Arkana HCM.
Arkana HCM Sistem HRIS Optimalkan Manajemen SDM
Sistem Human Resources (HR) yang dikembangan oleh Arkana dengan mengedepankan berbagai macam aspek dan disesuaikan dengan kebutuhan HR pada masa kini. Melalui solusi Arkana HCM, perusahaan dapat mengelola seluruh proses SDM secara terintegrasi mulai dari pengaturan jadwal kerja, cuti, dan lembur; pencatatan kehadiran via mobile app serta integrasi dengan perangkat biometrik hingga permintaan cuti, lembur, dan reimbursement yang dapat diajukan dan disetujui langsung dari aplikasi. Semua data tersebut secara otomatis terhubung dengan sistem payroll, memastikan proses penggajian yang akurat dan efisien.
Dalam implementasi sistem Arkana HCM di The Jakarta Post, sejumlah modul Arkana HCM akan diimplementasikan untuk mendukung pengelolaan SDM secara menyeluruh. Modul Recruitment membantu proses dari penentuan lowongan hingga manajemen kandidat. Modul Employee menyimpan data pribadi karyawan dan kontrak kerja. Modul Attendance menangani pengaturan jadwal dan absensi, sementara Overtime dan Time Off memfasilitasi pengajuan serta persetujuan lembur dan cuti. Selain itu, modul Expense digunakan untuk proses reimbursement, dan seluruh data terintegrasi ke dalam modul Payroll untuk perhitungan gaji hingga pengiriman slip gaji secara otomatis.
Arkana sebagai Odoo partner terus berkomitmen penuh untuk mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia dan membantu mengatasi tantang dan menyediakan layanan sistem informasi untuk berbagai macam industri.